Cara Mencabut Gigi Goyang di Rumah

Tanggalnya gigi susu adalah fase penting untuk anak-anak. Jika gigi anak Anda goyang dan akan tanggal sewaktu-waktu, Anda bisa bertanya bagaimana bisa menolongnya. Untunglah biasanya kita hanya perlu menunggu sampai gigi tanggal sendiri. Akan tetapi, ada beberapa kasus yang mengharuskan anak dibawa ke dokter gigi, seperti ketika gigi goyang karena cedera atau jika gusinya berdarah lebih dari 15 menit setelah gigi tanggal.

Bagaimana cara mengetahui apakah gigi anak saya sudah cukup goyang untuk dicabut?

Goyang gigi untuk memastikan gerakannya tidak terhalang. Untuk menentukan apakah gigi siap tanggal, minta anak menggoyang giginya. Suruh dia mendorong ke belakang, ke depan, dan ke samping sejauh mungkin. Jika gigi cukup goyang untuk dicabut, gerakannya semestinya lancar, dan tidak akan ada darah. Selain itu, cek lagi untuk memastikan anak tidak merasa sakit ketika giginya digoyang. Jika terasa sakit, berarti gigi belum siap tanggal

Anak bisa menggunakan lidah atau jarinya untuk menggoyang gigi, atau Anda yang menggoyangnya sendiri. Namun, pastikan tangan Anda atau tangan anak sudah dicuci bersih jika ingin menggunakan jari.
Mencabut gigi yang belum siap akan terasa sakit dan dapat merusak gusi anak. Ini juga dapat menyebabkan gigi permanen anak tumbuh miring

Bagaimana cara melonggarkan gigi di soketnya?

Dorong anak untuk menggoyang gigi yang belum siap tanggal setiap hari. Cara paling mudah untuk melonggarkan gigi adalah dengan sering digoyang. Paling tidak sekali sehari, ingatkan anak untuk menggoyang giginya maju mundur atau ke samping dengan lidah atau jari.[4]
Menyikat gigi dan membersihkan dengan benang gigi juga dapat membuat gigi makin goyang. Namun, lakukan dengan pelan karena gusi di region itu mungkin agak sensitif.
Anda juga bisa memberi anak makanan yang cukup keras, seperti apel dan mentimun, untuk menggoyang gigi secara natural.

Bagaimana cara mencabut gigi goyang sendiri?

Pegang gigi dengan tisu atau kain kasa. Gigi kadang licin sehingga sulit dipegang, apalagi gigi susu yang sangat kecil. Supaya bisa memegang dengan mantap, gunakan sedikit tisu atau kain kasa untuk membantu. Pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih dengan air dan sabun sebelum Anda memasukkan jari ke mulut anak. Anda juga bisa memakai sarung tangan karet supaya bisa memegang gigi dengan mantap.

Pegang dan goyang gigi. Dengan kain kasa, pegang dan tarik gigi dengan kencang, tetapi lembut. Anda juga bisa memutar sedikit sambil mencabut. Kalau memang sudah siap, gigi akan tanggal.
Jika gigi tidak tanggal, berarti belum siap. Coba lagi dalam beberapa hari.
Cabut dengan cepat. Makin cepat gigi ditarik, makin kurang risiko sakitnya.

slot deposit pulsa tanpa potongan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *